submitgooglesitemap.com Sitemap Generator

Sabtu, 22 November 2008

MASALAH TERBESAR MANUSIA

Apakah Dosa Itu?

Tuhan menciptakan manusia pertama, Adam dari debu tanah dan memberikannya nafas kehidupan. Satu karakteristik yang unik dari Adam adalah ia diciptakan menurut gambar dan rupa Tuhan (dalam kemuliaan, kebenaran, kekudusan, tanpa dosa).
”Berfirmanlah Tuhan: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita:……..” ~ Kejadian 1:26
“Ketika itulah TUHAN Elohim membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.” ~ Kejadian 2: 7
Adam diciptakan sebagai makhluk pilihan untuk berjalan bersama Tuhan dengan setia pada hubungan perjanjian yang kekal di dalam kasih dan ketaatan, memimpin istri dan anak-anaknya untuk mengikuti langkah yang sama pada hubungan perjanjian. Ketika mereka berjalan bersama Tuhan dengan cara ini, mereka mengalami sukacita dari hidup yang berkelimpahan dan persekutuan yang sejati bersama Dia. Tuhan memberkati mereka, menempatkan mereka di taman Firdaus dan bersama-sama memerintah atas seluruh ciptaanNya.

“Tuhan memberkati mereka, lalu Tuhan berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." ~ Kejadian 1:28.

Tuhan hanya memberikan satu larangan.. Mereka boleh makan dari setiap pohon di taman kecuali satu. Jika mereka tidak mentaatinya, mereka akan mati.
“TUHAN Elohim mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Lalu TUHAN Elohim memberi perintah ini kepada manusia: Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." ~ Kejadian 2:15-17

Kasih dan ketaatan yang kekal,membuat Adam dan Hawa tetap tinggal dalam persekutuan perjanjian dengan Tuhan. Tetapi, suatu hari, Adam memilih untuk tidak taat pada Tuhan. Ketidaktaatan adalah dosa dan untuk berbuat dosa adalah.

Apakah Akibat Dosa?

Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu; dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu." ~ Kejadian 3:17-19 (Baca seluruh Kejadian 3)

Melalui dosa ketidaktaatan, hubungan perjanjian mereka dengan Tuhan terputus ; dan hidup berkelimpahan dan persekutuan sejati yang berkualitas dengan Tuhan yang dahulu mereka punya menjadi hilang ketika mereka jatuh dari berkat-berkat hak istimewa. Ini membawa mereka kepada kutuk kematian jasmani dan rohani. Secara jasmani, mereka mulai mengalami kerusakan dan kemerosotan tubuh ketika mereka kehilangan kemuliaan Tuhan. Secara spiritual, mereka terpisah dari Tuhan dan dibuang dari taman Eden dan dari hadirat Tuhan.

“Lalu TUHAN Elohim mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. Ia menghalau manusia itu…….” ~ Kejadian 3:23,24a
Kejatuhan Adam ke dalam dosa menyebabkan akibat yang luas ke atas seluruh dunia, karena sesudah kejatuhan tersebut, semua manusia, keturunan Adam dan Hawa mewarisi sifat alami dosa yang sama, menderita akibat yang menyedihkan dari dosa yaitu kematian.

“Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.” ~ Roma 5:12 ( baca juga Kejadian 3:16-19)
“Sebab upah dosa ialah maut……….” ~ Roma 6:23

Kita Tidak Boleh Menyembunyikan Dosa

Merasa bersalah dan malu atas dosa dan ketidakbenaran mereka, Adam dan Hawa menyemat daun pohon ara untuk menutupi ketelanjangan tubuh jasmani mereka yang tidak kekal. Sebelumnya, mereka memiliki anugerah jubah kemuliaan yang mencerminkan sinar dan kemuliaan rupa Tuhan akan kebenaran dan kekudusan. Tetapi setelah kejatuhan mereka, mereka kehilangan kualitas rohani ini. Diliputi rasa takut, mereka mencoba bersembunyi dari hadirat Tuhan, tapi semuanya sia-sia. Tuhan melihat keadaan jasmani dan rohani mereka yang buruk dan mengetahui dengan segera bahwa mereka telah memilih jalan ketidaktaatan dan dosa.

“Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Elohim, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Elohim di antara pohon-pohonan dalam taman. Tetapi TUHAN Elohim memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?" Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi." Firman-Nya: "Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?" ~ Kejadian 3:8-11.

Hari ini, kita harus menghadapi kenyataan bahwa kita semua adalah orang berdosa, lahir dengan sifat alami dosa. Kita tidak dapat menyembunyikan dosa kita dari Tuhan.
“Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN. ~ Yeremia 23:24

Daripada mencoba untuk menyembunyikan dosa-dosa kita, kita harus jujur di hadapan Tuhan untuk mengakui dosa-dosa karena ini adalah penyakit rohani.

Kita Memerlukan Obat untuk Dosa

Kemajuan medis modern telah menemukan pengobatan untuk berbagai penyakit jasmani, tetapi tidak seorangpun dapat menemukan pengobatan untuk penyakit rohani dosa. Hanya Tuhan yang dapat menyembuhkan dosa! Tanpa Tuhan, kita tetap menderita dan menampakkan gejala penyakit rohani yang parah, diperbudak dan cenderung untuk mengikuti keinginan daging tubuh jasmani kita yang berdosa. Kita tidak mempunyai kuasa untuk menang.

Ingat bagaimana Adam dan Hawa menikmati hubungan perjanjian yang indah dengan Tuhan sebelum mereka jatuh dalam dosa? Betapa mereka diberkati! Kunci berkat hidup berkelimpahan dan persekutuan sejati terletak di dalam hubungan perjanjian dengan Tuhan.

Tetapi, masalah besar yang menghalangi kita untuk kembali ke hubungan perjanjian dengan Tuhan adalah dosa. Kita benar-benar membutuhkan jalan keluar atas dosa supaya dipulihkan ke posisi kehidupan, persekutuan dan berkat yang Tuhan inginkan sejak hari penciptaan.

Tuhan sudah memberi kita jalan keluar! Meskipun Adam dan Hawa layak menerima kematian karena dosa, Tuhan menunjukkan kasihNya dengan menyediakan pakaian dari kulit binatang untuk menutupi ketelanjangan mereka .
“Dan TUHAN Elohim membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.” ~ Kejadian3:21

Sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa binatang yang dikorbankan untuk menutupi Adam dan Hawa melambangkan Yesus Kristus, Sang Penebus, yang datang ke dunia untuk menjadi korban atas dosa kita.

Seperti Adam dan Hawa, kita layak menerima kematian atas dosa kita, tetapi Tuhan menunjukkan kasih dan belas kasihanNya yang besar, telah menyediakan jalan keluar satu-satunya atas dosa kita – Yesus Kristus Anak Domba Tuhan yang Sempurna dan Tidak Berdosa yang datang untuk menyerahkan hidupNya bagi orang berdosa.Yesus tidak melakukan kesalahan apapun, tetapi Ia disalibkan sebagai penjahat. DarahNya yang tercurah adalah penebusan bagi dosa kita. Tiga hari sesudah kematianNya, Yesus bangkit dalam tubuh kemuliaan untuk mengalahkan kutuk dosa dan kematian.
“Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” ~ Yohanes 10:10
“Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.” ~ Yohanes 11:25
Sama seperti Adam dan Hawa yang mau menerima penebusan atas dosa mereka, kita juga menerima Yesus Kristus, anugerah Tuhan akan Kehidupan. Hanya Yesus yang dapat melepaskan kita dari belenggu dosa dan kematian. Ia adalah satu-satunya pengharapan kita. Pilihlah Kehidupan hari ini!

“Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu” ~ Ulangan 30:19

UNDANGAN

APAKAH ANDA AKAN MERESPON HARI INI?


 Akui dengan jujur dan bertobat dari dosa di hadapan Tuhan (Bertobat: memohon ampun dengan sungguh-sungguh, mau berubah)
”Seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak. Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Tuhan.” ~ Roma 3:10,23
”Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat." ~ Lukas 5:32

 Dengan iman, percaya bahwa Yesus telah mati dan bangkit kembali dari kematianNya dan hanya Ia satu-satunya jalan keluar untuk dosa-dosamu.
“Karena Tuhan itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Tuhan dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,” ~ 1Timotius 2:5

 Menerima Yesus Kristus sebagai Juru Selamat dan memberikan hidupmu kepadaNya dengan memasuki hubungan perjanjian “di dalam Kristus” melalui baptisan Alkitabiah (diselam di dalam air) oleh otoritas gereja Perjanjian Baru yang alkitabiah. (Baca Galatia 3:26-29*)
“… janji tentang hidup dalam Kristus Yesus.” ~ 2Timotius 1:1
“Orang-orang yang menerima perkataan- nya itu memberi diri dibaptis …“ ~ Kisah Para Rasul 2:41
”Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Tuhan dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.“ ~ Kisah Para Rasul 8:12

 Mengikut Yesus sebagai murid yang sejati, dengan hidup dalam ketaatan dan penyerahan setiap hari kepada FirmanNya.
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku“ ~ Yohanes 8:31

 Melayani Tuhan dengan setia di dalam gerejaNya. Penghargaan akan kesetiaan adalah pintu masuk yang berkelimpahan ke dalam Kerajaan Tuhan yang kekal untuk memerintah bersama Yesus Kristus

“Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung. Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.” ~ 2Petrus 1:10-11.

Masalah Terbesar Manusia

Disobedient to parents = Ketidaktaatan terhadap orang tua
Stealing = Mencuri
Pride = Kesombongan
Strive = Perselisihan
Covetousness = mengingini milik orang lain
Unnatural Affection = tidak dapat mengasihi
Idolatry = penyembahan berhala
Lying = kebohongan
Sin = dosa
Envy = kecemburuan
Adultery = perzinahan
Witchcraft = sihir
Murder = pembunuhan
Dishonesty = ketidakjujuran
Fornication = percabulan
Unthankfulness = tidak tahu berterima kasih
Selfishness = mengutamakan kepentingan diri sendiri
Drunkardness = kemabukan
Lovers of pleasure more than lovers of God = lebih menuruti hawa nafsu daripada menuruti Tuhan