submitgooglesitemap.com Sitemap Generator

Kamis, 30 Oktober 2008

"TRIAL OF BLOOD" Bag. 4

GRAFIK

Saya percaya, jika anda mempelajari dengan hati-hati grafik ini, anda akan lebih mengerti sejarah tersebut, dan hal itu akan sangat membantu memori anda dalam menyimpan apa yang anda dengar dan lihat.

Ingat grafik ini hanya mencakup periode dua ribu tahun sejarah keagamaan.

Perhatikan bilangan pada bagian atas dan bawah dari grafik, bilangan-bilangan yang sama pada bagian atas dan bawah – 100, 200, 300 dan seterusnya sampai 2000.

Bilangan-bilangan tersebut melambangkan masa dua puluh abad – garis vertikal memisahkan abad yang berbeda.

Sekarang perhatikan pada grafik , dekat bagian bawah; garis lurus yang lain, garis ini dari kiri ke kanan, membujur dari grafik.

Garis-garis ini berjarak sama seperti garis-garis vertikal. Tetapi Anda tidak dapat melihat semuanya. Garis-garis tersebut ditutupi dengan bintik yang sangat gelap, melambangkan apa yang dalam sejarah dikenal sebagai ”Zaman Kegelapan.” Hal ini akan dijelaskan kemudian. Antara dua garis yang paling rendah adalah nama-nama negara....Italia, Wales, Inggris, Spanyol, Perancis, dan seterusnya, berakhir dengan Amerika. Ini adalah nama-nama negara dimana sebagian besar sejarah terjadi selama periode yang dicakup oleh nama-nama itu sendiri. Tentu saja tidak semua sejarah, beberapa terjadi di negara-negara lain pada setiap periode. Namun beberapa sejarah khusus terjadi di negara-negara khusus ini pada periode-periode tertentu.

Sekarang perhatikan lagi, dekat bagian bawah grafik, garis-garis lain yang lebih tinggi. Garis-garis ini, juga, sebagian ditutupi oleh ”zaman kegelapan,” garis-garis tersebut penuh dengan nama-nama, tetapi bukan nama-nama negara. Melainkan ”julukan.” Julukan yang diberikan kepada orang-orang tersebut oleh musuh-musuh mereka. ”Kristen”—adalah yang pertama: ”Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen” (Kis 11:26). Ini terjadi kira-kira tahun 43 M. Entah para penyembah berhala atau Orang Yahudi yang memberikan julukan tersebut sebagai bentuk cemooh. Semua julukan-julukan lainnya yang ada dalam kolom juga diberikan dengan sikap yang sama—Montanis, Novationis, Donatis, Pengikut Paulus, Pengikut Albigen, pengikut Walden, dan lain lain dan Pengikut Ana-Baptis. Semua ini akan selalu berkenaan dengan kemajuan pengajaran.

Tetapi perhatikan lagi grafik. Lihat pada lingkaran-lingkaran merah. Lingkaran-lingkaran tersebut tersebar hampir diseluruh grafik. Lingkaran-lingkaran tersebut melambangkan gereja. Gereja-gereja tunggal individual di Asia, Afrika, Eropa, pegunungan dan lembah-lembah, dan seterusnya. Diwarnai merah mengindikasikan darah martir. Kristus pendiri gereja itu mati dikayu salib. Semua rasul juga mengalami yang sama,Yohanes dan Yudas, mati sebagai martir. Yudas mengkhianati Tuhannya dan mati bunuh diri. Rasul Yohanes, menurut sejarah, digoreng dalam ketel minyak yang besar.

Anda akan melihat beberapa lingkaran berwarna hitam. Lingakaran-lingkaran tersebut juga melambangkan gereja. Tetapi gereja sesat. Gereja yang mengajarkan hal-hal yang salah atau ajaran yang salah. Ada sejumlah gereja sesat bahkan sebelum kematian Petrus, Paulus dan Yohanes.

Setelah kesimpulan dengan pengenalan secara umum dan beberapa pendahuluan yang sangat penting, Saya sampai kepada sejarah umum—