submitgooglesitemap.com Sitemap Generator

Kamis, 30 Oktober 2008

"TRIAL OF BLOOD" Bag. 14

BEBERAPA KATA KATA TERAKHIR

1. Sepanjang setiap periode ”Zaman Kegelapan” ada banyak orang Kristen dan banyak yang terpisah, gereja-gereja independen, beberapa diantara mereka kembali kepada zaman Rasul-rasul yang tidak pernah dalam hal apapun berhubungan dengan Gereja Katolik. Mereka selalu menolak keseluruhan dan tidak mengakui Katolik dan pengajaran-pengajaran Katolik. Ini adalah sebuah fakta yang jelas yang dibuktikan oleh sejarah yang dapat dipercaya.

2. Orang-orang Kristen ini adalah objek terus menerus dari penganiayaan yang kejam dan tidak berbelas kasihan. Sejarah menunjukkan bahwa sepanjang periode ”Zaman Kegelapan” sekitar dua belas abad, dimulai dengan tahun 426 M, ada sekitar lima puluh juta orang Kristen mati sahid.Beribu-ribu banyaknya yang lain, baik sebelum maupun sesudah ”Zaman Kegelapan” mati dibawah tangan penganiayaan yang sama kejamnya.

3. Orang-orang Kristen ini, selama hari-hari kegelapan dari berabad-abad lalu, dijuluki dengan banyak julukan yang berbeda, semua diberikan kepda mereka oleh musuh-musuh mereka. Julukan-julukan tersebut kadang kala diberikan karena bebrapa pemimpin terkemuka yang agagh berani dan kadang kala karena sebab-sebab lain dan kadang-kadang, memang, banyak kali, orang-orang yang sama, memegang kepercayaan yang sama, disebut dengan julukan yang berbeda di tempat yang berbeda. Namun, ditengah-tengah semua banyak perubahan julukan, ada satu julukan khusus atau lebih kepada penunjukkan yang melekat setidaknya pada beberapa orang Kristen ini, di seluruh ”Zaman Kegelapan”, penunjukkan itu menjadi Ana-Baptis. Kata gabungan ini dipakai sebagai sebuah penunjukkan dari beberapa orang Kristen tertentu yang ditemukan pertama kali dalam sejarah sepanjang abad ketiga dan sebagai fakta jelas segera setelah asal Baptisan Bayi, dan sebuah fakta yang lebih jelas bahkan sebelum penggunaan nama Katolik. Sehingga julukan Ana-Naptis adalah nama denominasi tertua dalam sejarah.

4. Sebuah sikap khusus dari orang-orang Kristern ini masih berkelanjutan pada abad-abad setelahnya. Mereka menolak pengajaran manusia tentang Baptisan bayi dan menuntut adanya pembaptisan ulang walaupun dilakukan dengan baptisan selam bagi semua yang datang kepada mereka, yang pernah dibaptis pada waktu bayi. Atas kekhususan inilah mereka dijuluki ”Ana-Baptis”.

5. Ini, penunjukkan khusus yang dipakai banyak orang-orang Kristen yang menyandang nama julukan lainnya, khususnya para pengikut Dona, Paulician, Albigen, Ancient Walden dan lainnya. Pada abad-abad selanjutnya penunjukkan ini menjadi sebuah nama tetap, dipakai pada kelompok yang berbeda. Julukan tersebut adalah ”Ana-Baptis” dan berangsur-angsur semua julukan lainnya tidak digunakan lagi. Awal abad keenam belas, bahkan sebelum awal Gereja Lutheran, Gereja Protestan pertama, kata ”Ana” mulai ditinggalkan, dan hanya disebut ”Baptis”.

6. Masuk kedalam ”Zaman Kegelapan” ada sebuah kelompok yang tidak pernah dalam hal apapun diidentifikasikan dengan Katolik. Keluar dari ”Zaman Kegelapan” muncul sebuah kelompok yang tidak pernah diidentifikasikan dengan Katolik.
Yang berikut adalah beberapa pengajaran fundamental yang mereka pegang ketika mereka masuk dan hal yang sama, pengajaran-pengajaran fundamental yang mereka pegang ketika mereka keluar: dan hal yang sama pengajaran-pengajaran fundamental yang sekarang mereka pegang.